TIPS PENJUALAN UNTUK UKM

Setelah hari pertama kita belajar cara mengawali bisnis, serta hari ke 2 dan ke 3 kita belajar tentang prinsip penting tentang mengembangkan bisnis. Hari ini (Hari ke 4) kita akan belajar tentang tips penjualan untuk UKM.

Berikut ini tips dan prinsip penting yang perlu Anda ketahui saat menjual produk Anda ke calon konsumen.

 

BERFOKUS PADA PELAYANAN

Sebuah pelayanan yang berkualitas ke konsumen merupakan salah satu prinsip penting yang harus diketahui. Mengapa pelayanan penting? Karena konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa puas atas layanan yang sudah diberikan penjual. Ketika konsumen datang kembali maka konsumen tersebut adalah konsumen yang setia dan tentu saja akan meningkatkan penjualan dalam jangka panjang. Intinya jika kita bisa memberikan pelayanan yang baik ke konsumen, hasilnya akan berdampak pada penjualan terus-menerus.

JELASKAN KELEBIHAN PRODUK KITA

Konsumen saat ini semakin kritis ketika hendak membeli suatu produk. Tahukah Anda bahwa konsumen akan membeli produk yang memiliki kelebihan dibanding yang lain. Kalo produk kita sama-sama saja dengan yang lain, maka akan sulit untuk bersaing. Jelaskan secara rinci kelebihan produk kita dibanding pesaing. Hal ini akan menjadi kekuatan untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk kita.

 

LAKUKAN PROMOSI SECARA KONSISTEN

Promosi merupakan strategi penting untuk mengenalkan suatu produk ke konsumen. Mustahil konsumen tahu produk kita jika kita tidak melakukan promosi. Kita bisa melakukan strategi promosi melalui media online atau media offline. Dalam menerapkan strategi promosi kita harus menjalankannya dengan konsisten, terencana dan dimonitor saat dijalankan. Memonitor proses promosi sangat penting dilakukan agar tujuan dari promosi dapat tercapai dengan baik.

 

BUATLAH TARGET OMZET

Langkah selanjutnya untuk mendongkrak kinerja bisnis adalah menetapkan target omzet. Target omzet merupakan acuan penting bagi pebisnis untuk memantau perkembangan kinerja kesuksesan bisnis dalam suatu periode tertentu. Target omzet ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk mengejar target serta menerapkan strategi-strategi agar target penjualan tercapai.

 

KEPUASAN PELANGGAN NO.1

Konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut puas. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan penting ketika kita menjalankan suatu bisnis. Kepuasan konsumen akan sangat ditentukan oleh kualitas layanan dan kualitas produk kita. Harapan dari terbentuknya kepuasan pelanggan tidak hanya meningkatkan penjualan, melainkan juga nantinya diharapkan para konsumen merekomendasikan produk kita ke orang lain. Inilah yang dinamakan sebagai word of mouth. – pelanggan yang puas akan berperan sebagai penjual yang sukarela merekomendasikan produk kita.

© 2018 EDNOVATE All Rights Reserved.