LANGKAH AWAL MEMULAI BISNIS

Berikut ini beberapa prinsip penting yang perlu Anda ketahui dan Anda lakukan saat akan memulai bisnis:

MULAI DARIMANA?

Ini pertanyaan yang sering terlontar oleh semua orang yang ingin memulai bisnis. Mulai darimana? Jawabannya sederhana, mulai dari sekarang! Ya mulai dari sekarang. Jangan buat jadi rumit ketika memulai bisnis, mulai dari yang sederhana, mulai dari yang simpel. Yang penting segera dimulai jangan hanya direncanakan saja.

Kenapa harus segera dimulai? Jawabannya sederhana, jangan sampai keduluan oleh yang lain. Jangan ditunda, ga pake tapi ga pake nanti.

 

JANGAN TAKUT MEMULAI

Hilangkan rasa takut, orang yang takut memulai bisnis, akan sangat sulit merealisasikan bisnisnya. Benar kan? Ya karena kebanyakan orang hanya fokus pada “takut memulai” yang ujung-ujungnya membuat ide bisnis kita hanya sebatas ide alias ga pernah dimulai.

Catat hal penting ini > 1000 langkah kesuksesan selalu dimulai dari langkah pertama. Tangga tertinggi kesuksesan kita selalu dimulai dari anak tangga pertama.

 

HABISKAN JATAH GAGALMU

Ada satu pemahaman sederhana yang berbunyi seperti ini. Semua pengusaha sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Alias ada jatah gagal di setiap orang. Nah setiap pengusaha tersebut akhirnya meraih sukses karena sudah pernah mengalami kegagalan, alias belajar banyak dari setiap kegagalan. Dari sini pahami bahwa gagal adalah belajar, jadi jangan takut gagal. Bahkan semakin cepat kita gagal semakin cepat kita sukses. Habiskan jatah gagalmu!

 

BISNIS GA MELULU MODAL UANG

Banyak orang ga jadi-jadi mulai bisnis karena pemahamannya adalah bisnis selalu pakai modal uang. Padahal kenyatannya tidak selalu demikian. Yes modal uang memang penting, tetapi banyak juga pebisnis yang sukses berbisnis tanpa modal uang. Terus bagaimana carannya? Nah kuncinya adalah networking dan modal skill. Tipsnya: kalo kita punya ide bisnis, kita perlu cari rekan kerja yang punya modal dana. Dari sini kita bisa bekerjasama. Inilah yang namanya kekuatan networking.

 

TENTUKAN KAPAN MULAINYA?

Satu hal penting yang harus kita ketahui adalah kita akan sulit memulai sesuatu kalau kita tidak membuat tenggat waktunya. Contoh: kapan mulai bisnis? Ya nanti, ya besok, ya tahun depan, ya kalo sudah yakin. Jawaban seperti ini pasti ujung-ujungnya tidak akan mulai bisnis, benar kan? Hehe. Nah TIPS penting dari langkah ini adalah: BUAT KOMITMEN kapan start akan MEMULAI BISNIS. Tentukan tanggal pasti dan harus yakin plus komitmen untuk segera mulai, tanpa nanti tanpa tapi. Kalo pakai tapi-tapi, lihat beberapa prinsip penting diatas.

Kalo tidak memulai lebih awal, Anda akan keduluan yang lain. Mulai lebih cepat akan lebih baik. Ingat kata Pak Sandiaga Uno, lebih cepat gagal akan lebih cepat untuk sukses. Lebih cepat memulai akan lebih cepat untuk sukses.

© 2018 EDNOVATE All Rights Reserved.