KIAT SUKSES MEMBANGUN BISNIS

Setelah kemarin kita belajar langkah awal memulai bisnis, hari ini kita akan belajar tentang kiat sukses memulai bisnis.

LIHAT KEBUTUHAN PASAR

Ga sulit kok untuk membangun bisnis yang sukses. Langkah awal dimulai dari kebutuhan pasar, langkah awal dimulai dari apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Inilah yang dinamakan dengan MENANGKAP PELUANG BISNIS. Contoh kalo suatu daerah kebutuhan masyarakat terhadap jasa cuci instan tinggi, maka peluang bisnis yang bagus adalah bisnis laundry. Contoh lainnya, kalo banyak pebisnis yang jualan baju atau fashion, maka peluang bisnisnya adalah supplier baju. dll

Bisnis yang SUKSES adalah bisnis yang menjawab kebutuhan pasar. Simpelnya, meski jualan kita jor-joran, iklan dimana-mana tapi kalo pasarnya tidak butuh, ya ga akan laku. Jadi mulailah berbisnis dengan melihat kebutuhan pasar disekitar kita itu apa. Jadi ga asal buka bisnis, ga asal jalani bisnis, jadi berbisnis dengan didasari oleh kebutuhan market disekitar kita!

APA KELEBIHAN PRODUKMU!

Konsumen pada dasarnya adalah manusia yang kritis, benar kan? Anda juga kan, hehe. Maksudnya bagaimana? Maksudnya begini, orang membeli suatu produk karena produk tersebut mempunyai kelebihan dibanding dengan produk yang sudah ada. Poin ini menjadi sangat penting, sebab jikalau produk kita tidak memiliki kelebihan, bagaimana kita bersaing dengan pesaing yang lain? Konsumen akhir-akhir ini sebelum membeli pasti menimbang-nimbang, bahkan menggunakan mbah Google untuk membanding-bandingkan produk kita dengan yang lain. Kalo kita ga punya kelebihan, siap-siap aja kalah. Jadi produk kita wajib punya kelebihan dibanding yang lain.

TIPS: Temukan dan Tentukan kelebihan produkmu sekarang! Nah kalo bingung berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda terapkan di produk Anda: Produk Anda lebih murah, Produk Anda lebih enak, Produk Anda lebih bagus secara kemasan, Produk Anda lokasinya lebih strategis, terdapat BONUS, Produk Anda bergaransi, Produk Anda lebih banyak secara jumlah, Produk Anda lebih cepat layanannya dan lain-lain. Poin-poin tadi bisa digunakan untuk menentukan apa kelebihan produkmu.

KUASAI TEKNIK JUALAN

Nah kalo produk kita sudah dipastikan memang dibutuhkan pasar, kemudian memang sudah memiliki kelebihan produk. Langkah selanjutnya adalah, jreng jrenggg. JUALAN! Yes. Buat apa produk kita bagus kalo kita ga bisa jualnya. Artinya apa? Jadi begini, jualan adalah faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Seringkali bisnis bangkrut bukan karena produknya jelek, tapi karena kitanya yang ga bisa jualan. Bener kan?

Nah terus gimana dong dengan saya?? Saya ga bisa jualan? Jawabannya: teknik jualan itu bisa dipelajari kok. Kuncinya adalah PRAKTEK! Materi hari ke 3 atau ke 4 akan diulas secara detail tentang teknik closing.

Pada materi hari ini penekanannya adalah jualan itu penting dan wajib untuk dikuasai. Kalo kita ga bisa jualan, maka mulailah belajar untuk jualan. Kalo kita malu atau gengsi untuk jualan bagaimana? Jangan malu, belajar berani! Jangan gengsi. Gengsi ga akan bisa membuat kita sukses. Tapi kalo kita nanti sukses, pasti bisnis kita akan bergengsi.

© 2018 EDNOVATE All Rights Reserved.